Monday, June 6, 2011


BAB II
ANALISIS PERUBAHAN  KOMPETENSI DASAR (KD) 
DARI KURIKULUM 2004 KE KURIKULUM 2006

MATA PELAJARAN                                    : BIOLOGI

TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN            : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

KELAS                                               : X (SEPULUH)


Kurikulum 2006

 

Kurikulum 2004


Keterangan

SEMESTER I












1.1   Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi


1.2   Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma)


















2.1   Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan


2.2   Mendeskripsikan ciri-ciri Arhaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan



2.3   Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista, dan peranannya bagi kehidupan


2.4   Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan

SEMESTER II


3.1   Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem melalui kegiatan pengamatan

3.2   Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam

3.3   Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi

3.4   Mendeskripsikan ciri-ciri filum dalam Dunia Hewan dan perananya bagi kehidupan


4.1   Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan



4.2   Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah kerusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan

4.3   Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
4.4   Membuat produk daur ulang limbah




1.1   Merencanakan penyelidikan ilmiah
1.2   Melaksanakan penyelidikan ilmiah dalam bidang biologi
1.3   Menkomunikasikan hasil penyelidikan ilmiah
1.4   Bersikap ilmiah



2.1   Mempelajari ruang lingkup Biologi, manfaat, dan bahayanya









3.1   Merumuskan konsep keanekaragaman hayati melalui kegiatan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya

3.2   Mengkomunikasikan wawasannya tentang keanekaragaman hayati di Indonesia

3.3   Mengklasifikasikan keanekaragaman hayati





3.4   Mendeskripsikan virus dan mengkomunikasikan perananannya dalam kehidupan


3.5   Mendeskripsikan ciri-ciri kingdom Monera dan mengkomunikasikan peranannya dalam kehidupan.


3.6   Menyajikan data hasil identifikasi kingdom Protista berdasarkan ciri-ciri yang dapat diamati

3.7   Mendeskripsikan ciri-ciri kingdom fungi (Jamur) berdasarkan struktur tubuh dan peranannya bagi kehidupan.















3.8   Mendeskripsikan dan mengkomunikasikan ciri-ciri kingdom Plantae dan perannnya bagi kehidupan

3.9   Mendeskripsikan dan mengkomunikasikan ciri-ciri Kingdom Animalia dan peranannya bagi kehidupan

4.1   Menguraikan komponen penyusun ekosistem dan perubahannya melalui pengamatan
4.2   Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia

4.3   Mengkaitkan hubungan kegiatan manusia dengan masalah perusakan dan pemeliharaan lingkungan


4.4   Mendeskripsikan pemanfaatan daur ulang limbah untuk kepentingan kehidupan



5.1   Menjelaskan prinsip-prinsip dasar yang melandasi perkembangan bioteknologi
5.2   Menjelaskan peran bioteknologi bagi sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat
5.3   Menjelaskan implikasi bioteknologi bagi sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat




Pindah ke kelas XII semester 1
Pindah ke kelas XII semester 1

Pindah ke kelas XII semester 1
Pindah ke kelas XII semester 1

Sama tetapi berbeda rumusan


Pengembangan dari indikator






Pindah ke kelas X semester 2



Pindah ke kelas X semester 2



Tidak secara khusus dibahas tetapi dapat menjadi pengantar sebelum membahas berbagai Kingdom makhluk hidup

Sama tetapi berbeda rumusan



Sama tetapi berbeda rumusan dengan memberi tekanan pada pembahasan Archaeobactera

Sama tetapi berbeda rumusan



Sama tetapi berbeda rumusan






Pindahan dari semester1




Pindahan dari semester1





Sama tetapi berbeda rumusan



Sama tetapi berbeda rumusan



Sama dengan penggabungan 2 KD







Sama tetapi berbeda rumusan




Sama tetapi berbeda rumusan

Pengembangan dari indikator

Dipindahkan dengan digabungkan pada kelas XII semester 2
Dipindahkan dengan digabungkan pada kelas XII semester 2
Dipindahkan dengan digabungkan pada kelas XII semester 2






























ANALISIS PERUBAHAN KOMPETENSI DASAR (KD)
DARI KURIKULUM 2004 KE  KURIKULUM 2006

MATA PELAJARAN                                    : BIOLOGI

TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN            : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

KELAS                                               : XI (SEBELAS) 


Kurikulum 2006

 

Kurikulum 2004


Keterangan

SEMESTER I


1.1   Mendeskripsikan komponen kimiawi sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan

1.2   Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan

1.3   Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, eksositosis)

2.1   Mengidentifikasi struktur jaringan tumbuhan dan mengkaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat totipotensi sebagai dasar kultur jaringan

2.2   Mendeskripsikan struktur jaringan hewan Vertebrata dan mengkaitkan dengan fungsinya

3.1   Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak pada manusia


3.2   Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah




SEMESTER II


3.3   Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia)

3.4   Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalya burung)

3.5   Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan hewan (misalnya pada ikan dan serangga)

3.6   Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf, endokrin dan penginderaan)


3.7   Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses yang meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi, kehamilan, dan pemberian ASI serta kelaianan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia

3.8   Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit



1.1   Mendeskripsikan struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan










1.2   Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan




1.3   Mendeskripsikan struktur dan fungsi jaringan hewan



2.1   Mengkaitkan srtuktur, fungsi, proses, dan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak manusia


2.2   Mengkaitkan srtuktur, fungsi, proses dan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah manusia dan hewan






2.3   Mengkaitkan struktur, fungsi, proses, dan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan  manusia dan hewan tertentu


2.4   Mengkaitkan struktur, fungsi, proses, dan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia dan hewan tertentu


2.5   Mengkaitkan struktur, fungsi, proses, dan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi manusia dan hewan tertentu



2.6   Mengkaitkan srtuktur, fungsi, proses, dan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem koordinasi (saraf, endokrin, indera) pada manusia dan hewan tertentu

2.7   Mengkaitkan srtuktur, fungsi, proses, dan kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi organisme





Sama tetapi berbeda rumusan



Pengembangan dari indikator

Pengembangan dari indikator



Sama dengan penambahan sifat totipensi dan penggunaannya pada kultur jaringan


Sama tetapi berbeda rumusan



Sama tetapi berbeda rumusan





Sama tetapi berbeda rumusan









Sama tetapi berbeda rumusan






Sama tetapi berbeda rumusan





Sama tetapi berbeda rumusan






Sama tetapi berbeda rumusan






Sama tetapi lebih menekankan pada reprodukasi manusia







KD baru








ANALISIS PERUBAHAN KOMPETENSI DASAR (KD)
 DARI KURIKULUM 2004 KE KURIKULUM 2006

MATA PELAJARAN                                    : BIOLOGI

TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN            : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

KELAS                                               : XII (DUA BELAS)


Kurikulum 2006

 

Kurikulum 2004


Keterangan

SEMESTER I


1.1   Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan


1.2   Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan


1.3   Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan

2.1   Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme

2.2   Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat






2.3   Menjelaskan keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein




3.1   Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromsom


3.2   Menjelaskan hubungan gen (DNA)-RNA-Polipeptida dan proses sintesis protein

3.3   Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat

3.4   Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat

3.5   Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam Salingtemas


SEMESTER 2


4.1   Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi

4.2   Mengkomunikasikan hasil studi evolusi biologi

4.3   Mendeskripsikan kecenderungan baru tentang teori evolusi

5.1   Menjelaskan arti, prinsip dasar, dan jenis-jenis bioteknologi

5.2   Menjelaskan dan menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-hasil bioteknologi pada Saling temas




1.1   Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan

1.2   Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan

1.3   Mengkomunikasikan hasil percobaan pertumbuhan







2.1   Menguraikan proses-proses katabolisme karbohidrat
2.2   Menguraikan proses-proses anabolisme karbohidrat

2.3   Mengkaitkan proses katabolisme dan anabolisme pada rantai karbohidrat

2.4   Mengkaitkan proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan metabolisme protein
2.5   Mengumpulkan informasi teknologi yang berkaitan dengan metabolisme makanan

3.1   Mengkaitkan hubungan antara DNA, gen, dan kromosom





3.2   Mengkaitkan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat

3.3   Menerapkan hukum-hukum hereditas dengan mekanisme pewarisan sifat

3.4   Menjelaskan peristiwa mutasi





4.1   Mendemonstrasikan pemahaman tentang teori evolusi biologi

4.2   Mengumpulkan informasi ilmiah berkaitan dengan teori evolusi




5.1   Mendeskripsikan prinsip-prinsip bioteknologi dan penerapannya

5.2   Mendeskripsikan implikasi bioteknologi pada sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat



Sama




Sama




Sama tetapi berbeda rumusan



Pengembangan dari indikator


Sama tetapi berbeda rumusan dan merupakan gabungan dari KD 2.1 dan 2.2

Dihilangkan



Sama tetapi berbeda rumusan


Dihilangkan




Sama tetapi berbeda rumusan


Pengembangan dari indikator


Sama tetapi berbeda rumusan



Sama tetapi berbeda rumusan


Sama tetapi berbeda rumusan





Sama tetapi berbeda rumusan


Sama tetapi berbeda rumusan

Pengembangan dari indikator


Sama tetapi berbeda rumusan


Sama tetapi berbeda rumusan



Kesimpulan:

1.      Secara umum Kompetensi Dasar (KD) yang terdapat pada Kurikulum 2004 dengan Kurikulum 2006 tidak berbeda secara signifikan, tetapi hanya berbeda dalam rumusannya saja.
2.      Pada Kelas X :
·         Ada beberapa  KD yang dihilangkan (KD yang berkaitan dengan metode ilmiah dan bioteknologi), kemudian diintegrasikan dengan KD yang sama pada kelas XII, sehingga tidak terjadi pengulangan.
·         Pembahasan Keanekaragaman Hayati dan Klasifikasi tidak merupakan satu kesatuan. Prinsip-prinsip klasifikasi tidak dibahas secara khusus, tetapi langsung pembahasan masing-masing kingdom makhluk hidup mulai dari Virus, Monera, Protista, dan Fungi. Pembahasan kemudian dilanjutkan dengan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati dan keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia, baru dilanjutkan dengan pembahasan Kingdom Plantae dan Animalia.
3.      Pada Kelas XI:
·         Ada 1 KD baru yaitu KD 3.8 tentang imunologi (kekebalan tubuh) yang sebenarnya dapat dikembangkan dari KD 3.2 tentang system peredaran darah.
4.      Pada Kelas XII :
·         Ada 2 KD yang dihilangkan, tetapi secara umum hanya merupakan penataan konsep metabolisme.

No comments:

Post a Comment