Monday, June 6, 2011

RPP SMP B. INGGRIS KELAS VII/I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan            : SMP NEGRI 2 KEC. HARAU
Mata Pelajaran                  : Bahasa Inggris
Kelas / Semester               : VII/ 1
Materi Pokok                    : Berbicara
Alokasi waktu                   : 2 x 40’

1. Standar Kompetensi :

3. Berbicara

Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

2. Kompetensi Dasar                   :

3.2  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan
Interpersonal dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat
sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan      terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta
dan memberi informasi,  mengucapkan terima kasih meminta maaf dan
mengungkapkan kesantunan
3. Indikator                      :
1. Bertanya dan menjawab tentang berbagai hal :
1.     Meminta dan memberi informasi
2.     Mengucapkan terima kasih
3.     Meminta maaf
2. Mengungkapkan kesantunan

Jenis teks                         : Transaksional dan interpersonal
Aspek / skill                     : Berbicara

4. Tujuan Pembelajaran    :
Menjelang berakhirnya pembelajaran :
1. Bertanya dan menjawab tentang berbagai hal :
1.     Meminta dan memberi informasi
2.     Mengucapkan terima kasih
3.     Meminta maaf
2. Mengungkapkan kesantunan
5. Materi pembelajaran      :
Contoh :
A.     Where is it ?
B.      It’s here.
A.               Thanks a lot.
B.                You’ re Welcome.
A.               I’ m sorry.
B.                It’s Okay.
A.      Please, come in.
B.      Thank you.
6. Metode Pembelajaran / teknik  : Three – phase tecnique
7. Langkah – langkah Kegiatan

  1. Kegiatan Pendahuluan
    1. Salam / Tegur sapa
    2. Absensi
    3. Apersepsi
    4. Motivasi
  2. Kegiatan Inti :
1.     Mempraktekkan percakapan tentang ungkapan terima kasih


2.     Menggunakan kosakata dan tatabahasa yang kemungkinan besar muncul dalam mendengarkan topik materi
-                                             Expressions
-                                             Responses
-                                             Thank you
-                                             You are welcome
-                                             Thank you very much
-                                             That’s all right
-                                             Thanks a lot
-                                             Don’t mention it
-                                             Thanks
-                                             It’s ok
             
3.     Melengkapi  percakapan tentang ungkapan terimakasih dan mempraktekkannya di depan kelas.
Sinta       : Please sit down, Dodi.
Dodi        : ...............
Sinta       : You are welcome

Herry       : This is your book, Marry?
Marry      : Yes it is. Thanks.
Herry       : .................

Ahmad    : This is aple for you Aisyah
Aisyah     :...................
Ahmad    :....................

4.     Siswa menirukan kembali gambit-gambit yang muncul dalam materi percakapan terkait setelah dimdelkan oleh guru.
5.     Menjawab / merespon pertanyaan berdasarkan materi yang diperdengarkan


  1. Kegiatan Penutup
    1. Menanyakan kesulitan yang dihadapi peserta didik selama PBM berlangsung
    2. Menyimpulkan materi pembelajaran
    3. Penugasan / Pekerjaan Rumah
8. Sumber Pembelajaran :
1.     Buku guru
2.     Script percakapan tulis
9. Penilaian :
Tehnik
1.     Tes lisan
2.     Tes tertulis
3.     Unjuk kerja
Bentuk
  1. Merespon ungkapan lisan
  2. Melakukan perintah guru
10. Instrument:
1. Listen to the expressions and give your response.
A: This is apple for you
B:  .......................
2. Listen to the expressions and choose the best option.
A : this is your book Anto
B : ... .....
  a. oh, really ?
  b. Thank you
                               c. It’s a pleasure
                               d. Nice to meet you, Too




Pertemuan Berikutnya

Materi : Meminta dan memberi informasi
Langkah– langkah Kegiatan :
Kegiatan Pendahuluan
    1. Salam / Tegur sapa
    2. Absensi
    3. Apersepsi
    4. Motivasi
Kegiatan Inti :
Mempraktekkan percakapan tentang ungkapan  Meminta dan memberi informasi
Student Listen and Practice

Mengulang kosakata dan tatabahasa yang kemungkinan besar muncul dalam mendengarkan topik materi setelah didemonstrasikan oleh guru secara bersama sama dan individu
Membahas gambit-gambit yang muncul dalam materi percakapan terkait.
Menjawab / merespon pertanyaan berdasarkan materi yang diperdengarkan
Transcript of the dialogue above





Transcript of the dialogue above
  1. Kegiatan Penutup
    1. Menanyakan kesulitan yang dihadapi peserta didik selama PBM berlangsung
    2. Menyimpulkan materi pembelajaran
    3. Penugasan / Pekerjaan Rumah
8. Sumber Pembelajaran :
1.      Buku guru
2.      Script percakapan tulis
9. Penilaian :
Tehnik
    1. Tes lisan
    2. Tes tertulis
    3. Unjuk kerja
Bentuk
1.      Merespon ungkapan lisan
2.      Melakukan perintah guru
10. Instrument:
1. Listen to the expressions and give your response.
A: could you tell me where the post office is?
B:  .......................
2. Listen to the expressions and choose the best option.
A : Can you tell me where my book is?
B : ......................
  a. oh, really ?
  b. Thank you
                               c. On the table
                               d. Nice to meet you, Too

Pertemuan Berikutnya

Materi : Meminta dan memberi maaf
Langkah– langkah Kegiatan :
Kegiatan Pendahuluan
    1. Salam / Tegur sapa
    2. Absensi
    3. Apersepsi
    4. Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Mempraktekkan percakapan tentang ungkapan  Meminta dan memberi maaf
2. Melengkapi dialog dengan ungkapan yang tepat sesuai materi


          2. Indah       :I’m sorry, I broke your ruler.
              Rani                   : _________________________
a.      Thank you              c. Please exuse me
b.     Never mind            d. You are welcome
3. Romi        : I apologise for my mistake.
    Deni                  :__________________________
a.      Thank you                   c. It doesn’t mattter
b.     My pleasure                 d. You welcome
4. Sinta        : I’m sorry for not calling you
    Dewi        : __________________________
a.      That’s OK                    c. You are welcome
b.     Any time                     d. Sure
5. Mother      : Erli, did you break the plate?
    Erli           : Yes, I did. I’m very sorry Mom.
 Mother        :____________________________
a.      I’m sorry too                         c. Don’t mention it
b.     That’s quite all right               d. You are welcome

3.     Kegiatan Penutup
-                Menanyakan kesulitan yang dihadapi peserta didik selama PBM berlangsung
-                Menyimpulkan materi pembelajaran
-                Penugasan / Pekerjaan Rumah

8. Sumber Pembelajaran :
-          Buku English in Focus For Grade VII, Page 21
-          Script percakapan tulis
9. Penilaian :
Tehnik
-          Tes lisan
-          Tes tertulis
-          Unjuk kerja
Bentuk
-         Merespon ungkapan lisan
-         Melakukan perintah guru
10. Instrument:
 
Mengetahui :
Kepala SMPN ……………….                               …………………,  Juli  2009
                                                                             Guru Bidang Study



……………………                                                        ………………………

NIP. ………………                                                      NIP. …………………

                                                                  

No comments:

Post a Comment