Selasa, 07 Juni 2011

RPP SMP B. INGGRIS KELAS VII/I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan            : SMP NEGERI ……………….
Mata Pelajaran                  : Bahasa Inggris
Kelas / Semester               : VII/ 1
Materi Pokok                    : Menulis
Alokasi waktu                   : 2 x 40’

1. Standar Kompetensi      :

6.Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

2. Kompetensi Dasar                   :

6.1  Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
3. Indikator                      :
1.Membahas ciri-ciri jenis teks fungsional pendek
2.Membuat frasa, kalimat sesuai materi
3.Membuat teks fungsional pendek

Jenis teks                         : Transaksional dan interpersonal
Aspek / skill                     : Menulis

4. Tujuan Pembelajaran    :
Menjelang berakhirnya pembelajaran siswa dapat:
1.     Membahas ciri-ciri jenis teks fungsional pendek dengan benar
2.     Membuat frasa, kalimat sesuai materi dengan benar
3.     Membuat teks fungsional pendek dengan benar

5. Materi pembelajaran      :
- Teks fungsional pendek berbentuk:
1.     Instruksi
2.     Daftar barang
3.     Kartu ucapan
4.     Pengumuman
        - Kalimat sederhana terkait materi dan jenis teks.

6. Metode Pembelajaran / teknik  : Three – phase tecnique

7. Langkah – langkah Kegiatan :
  1. Kegiatan Pendahuluan
    1. Salam / Tegur sapa
    2. Absensi
    3. Apersepsi
    4. Motivasi
  2. Kegiatan Inti :
1.Membahas ciri-ciri jenis teks fungsional pendek
Memberikan pertanyaan.
.-   What is the dialogue talking about?
-         Who says slow down
-         What sentence is it?
-         Tell the instruction epressions and write down the instruction sentence.
Siswa mlengkapi dialog singkat
Dialogue 1
Adrian              : ...........................down, Please!
Airien               : ……………………talk too much, do not worry, we are OK.
Adrian          : What do I think?...........................Airien. thats a police sirine, even a child knows.
-         Do Not
-         Slow
-         Come On

Dialogue 2
Siswa menyusun dialog singkat

Ani  : do you want to go the market david?
        :Ok.
        : wait for me please.. I want to take my money because I want to buy new pencil
   : I do too. Shall we go together?
   : Ok. Don’t worry.
David : Yes, I do. What about you?
: ok. Let’s take my motorcycle
: Don.t take too long to take your money. Hurry up please
:sit well behind me and let’s we go.
: I am waiting here.


Script

Ani and David are going to the market by motorcycle. This is the dialogue.
Ani     : do you want to go the market david?
David  : Yes, I do. What about you?
Ani     : I do too. Shall we go together?
David  : ok. Let’s take my motorcycle.
  Ani      : wait for me please.. I want to take my money because I want to buy new pencil
David  : Don.t take too long to take your money. Hurry up please.
Ani     : Ok. Don’t worry.
David  : I am waiting here.
Ani     :Ok.
David  :sit well behind me and let’s we go.

Menulis dialog singkat menggunakan kata kata instruksi.

  1. Kegiatan Penutup
    1. Menanyakan kesulitan yang dihadapi peserta didik selama PBM berlangsung
    2. Menyimpulkan materi pembelajaran
    3. Penugasan / Pekerjaan Rumah

8. Sumber Pembelajaran :
1.     Buku teks
2.     Alat peraga
3.     Lingkung-an sekitar yang terdapat pengumuman dan tanda peringatan

9. Penilaian :
Teknik
  1. Tes tulis
Bentuk
  1. Melengkapi
  2. Menyusun kalimat
  3. Esai

10. Instrument:
  1. Complete the blank spaces of the following text!
  2. Arrange the jumbled sentences in a good order
  3. Make a greeting card (choose the topic you prefer: Happy birthday, Wedding, Season’s greeting)



Pertemuan berikutnya
Materi           : Teks fungsional pendek tentang daftar barang
Langkah – langkah Kegiatan :
  1. Kegiatan Pendahuluan
    1. Salam / Tegur sapa
    2. Absensi
    3. Apersepsi
    4. Motivasi
  2. Kegiatan Inti :
1.Membahas ciri-ciri jenis teks fungsional pendek
Memberikan pertanyaan.
.-   What is the dialogue talking about?
-         Who says slow down
-         What sentence is it?
-         Tell the instruction epressions and write down the instruction sentence.
Siswa mlengkapi dialog singkat


Pertemuan berikutnya
Materi           : Teks fungsional pendek tentang Kartu Ucapan

Pertemuan berikutnya
Materi           : Teks fungsional pendek tentang Pengumuman


Mengetahui :
Kepala SMPN………………..                               …………….,  Juli  2009
                                                                             TIM Guru Bidang Study

……………………                                                        ……………………..
NIP……………….                                                       NIP…………………    



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar