Senin, 06 Juni 2011

RPP SMP B. INGGRIS KELAS VII/I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan            : SMP NEGERI …………………
Mata Pelajaran                  : Bahasa Inggris
Kelas / Semester               : VII/ 1
Materi Pokok                    : Membaca
Alokasi waktu                   : 2 x 40’

1. Standar Kompetensi      : 5. Membaca


    Memahami makna dalam teks  tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat


2. Kompetensi Dasar                   :

5.2  Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

3. Indikator                      :
1.Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk :
-    Instruksi
-    Daftar barang
-    Kartu ucapan
-    Pengumuman
2.Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks yang dibaca


Jenis teks                         : Transaksional dan interpersonal
Aspek / skill                     : Membaca

4. Tujuan Pembelajaran    :
Menjelang berakhirnya pembelajaran :
1.Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk :
1.     Instruksi
2.     Daftar barang
3.     Kartu ucapan
4.     Pengumuman Dengan benar.
2.Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks yang dibaca dengan benar

6. Metode Pembelajaran / teknik  : Three – phase tecnique

7. Langkah – langkah Kegiatan :
  1. Kegiatan Pendahuluan
    1. Salam / Tegur sapa
    2. Absensi
    3. Apersepsi
    4. Motivasi
b. Kegiatan Inti
1.     Siswa  menjawab pertanyaan yang terkait dengan materi
-          How many people are there in the dialog?
-          Who are they?
-          Where are they going to?
-          What the first instruction of adrian?
-          What time does the Movie star?
-          What does adrian say?
-          What the instruction words in the text?
2.     Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan
3.     Membahas kosakata struktur kalimat, struktur bacaan (Present Tense)

c. Kegiatan Penutup
  1. Menanyakan kesulitan yang dihadapi peserta didik selama PBM berlangsung
  2. Menyimpulkan materi pembelajaran
  3. Penugasan / Pekerjaan Rumah

8. Sumber Pembelajaran :
1.     Buku teks
2.     Sumber bacaan lain yang relevan

9. Penilaian :
Teknik
a)     Tes tulis
Bentuk
1.      Pilihan ganda
2.      Melengkapi kalimat/frase
3.      Menjawab pertanyaan

10. Instrument:
1.     Read the text and choose the correct answer.
2.     Complete the noun phrases stated in the sentences below!
3.       Answer the questions based on the text!

Pertemuan Berikutnya:

. Langkah – langkah Kegiatan :
  1. Kegiatan Pendahuluan
    1. Salam / Tegur sapa
    2. Absensi
    3. Apersepsi
    4. Motivasi
b. Kegiatan Inti
1.     Siswa  menjawab pertanyaan yang terkait dengan materi


Key:
2.     Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan
3.     Membahas kosakata struktur kalimat, struktur bacaan (Present Tense)

c. Kegiatan Penutup
Ø      Menanyakan kesulitan yang dihadapi peserta didik selama PBM berlangsung
Ø      Menyimpulkan materi pembelajaran
Ø      Penugasan / Pekerjaan Rumah

8. Sumber Pembelajaran :
1.     Buku teks
2.     Sumber bacaan lain yang relevan

9. Penilaian :
Teknik
1.     Tes tulis
Bentuk
a.      Pilihan ganda
b.      Melengkapi kalimat/frase
c.       Menjawab pertanyaan

10. Instrument:
                           i.                 Read the text and choose the correct answer.
                         ii.                 Complete the noun phrases stated in the sentences below!
                          iii.                 Answer the questions based on the text!

Pertemuan Berikutnya:

. Langkah – langkah Kegiatan :
a.      Kegiatan Pendahuluan
1.     Salam / Tegur sapa
2.     Absensi
3.     Apersepsi
4.     Motivasi
b. Kegiatan Inti
5.     Siswa  menjawab pertanyaan yang terkait dengan materi


6.     Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan
7.     Membahas kosakata struktur kalimat, struktur bacaan (Present Tense)

c. Kegiatan Penutup
8.     Menanyakan kesulitan yang dihadapi peserta didik selama PBM berlangsung
9.     Menyimpulkan materi pembelajaran
10. Penugasan / Pekerjaan Rumah

8. Sumber Pembelajaran :
1.      Buku teks
2.      Sumber bacaan lain yang relevan

9. Penilaian :
Teknik
1.     Tes tulis
Bentuk
1.      Pilihan ganda
2.      Melengkapi kalimat/frase
3.      Menjawab pertanyaan

10. Instrument:
1.      Read the text and choose the correct answer.
2.      Complete the noun phrases stated in the sentences below!
3.       Answer the questions based on the text!

Pertemuan Berikutnya:

. Langkah – langkah Kegiatan :
  1. Kegiatan Pendahuluan
    1. Salam / Tegur sapa
    2. Absensi
    3. Apersepsi
    4. Motivasi
b. Kegiatan Inti
    1. Siswa  menjawab pertanyaan yang terkait dengan materi


1.     To whom is the announcement?
2.      Who writes the announcement?
3.     What is the announcement about?
4.     What subject is talked in the announcement?
    1. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan
    2. Membahas kosakata struktur kalimat, struktur bacaan (Present Tense)

c. Kegiatan Penutup
    1. Menanyakan kesulitan yang dihadapi peserta didik selama PBM berlangsung
    2. Menyimpulkan materi pembelajaran
    3. Penugasan / Pekerjaan Rumah

8. Sumber Pembelajaran :
a.      Buku teks
b.      Sumber bacaan lain yang relevan

9. Penilaian :
Teknik
1.     Tes tulis
Bentuk
a.      Pilihan ganda
b.      Melengkapi kalimat/frase
c.       Menjawab pertanyaan

10. Instrument:
2.     Read the text and choose the correct answer.
3.     Complete the noun phrases stated in the sentences below!
4.       Answer the questions based on the text!
Mengetahui :
Kepala SMPN………………..                                         …………….,  Juli  2009
                                                                             Guru Bidang Study




……………………                                                        ……………………..
NIP……………….                                                       NIP…………………    

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar