Senin, 06 Juni 2011

RPP SMP B. INGGRIS KELAS VII/I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan            : SMP NEGRI ………………..
Mata Pelajaran                  : Bahasa Inggris
Kelas / Semester               : VII/ 1
Materi Pokok                    : Mendengarkan
Alokasi waktu                   : 2 x 40’

1. Standar Kompetensi      :

1.Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan  terdekat

2. Kompetensi Dasar                   :

1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk  beriteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
3. Indikator                      :
Merespon ungkapan-ungkapan :
1.     Meminta dan memberi informasi
2.     Ungkapan terima kasih
3.     Permintaan maaf
4.     Kesantunan
Jenis teks                         : Transaksional dan interpersonal
Aspek / skill                     : Mendengarkan
4. Tujuan Pembelajaran    :
Menjelang berakhirnya pembelajaran siswa dapat:
Merespon ungkapan-ungkapan :
1.Meminta dan memberi informasi
2. Ungkapan terima kasih
3. Permintaan maaf
4. Kesantunan
5. Materi pembelajaran      :
Percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan sebagai berikut:
Contoh :
1. A :  Where’s the ruler?
   B :  It’s there.
2. A :  Thank you.
    B :  You ’re welcome.
3. A :  I’m sorry.
   B :  It`s okay.
   A :  Please..!
   B :  All right thanks.
6. Metode Pembelajaran / teknik  : Three – phase tecnique
7. Langkah – langkah Kegiatan :

  1. Kegiatan Pendahuluan
    1. Salam / Tegur sapa
    2. Absensi
    3. Apersepsi
    4. Motivasi
  2. Kegiatan Inti :
1.     Mendengarkan percakapan tentang ungkapan terimakasih, permintaan maaf, kesantunan setelah mendengarkan dari guru..


2.     Memperhatikan kosakata dan tatabahasa yang kemungkinan besar muncul dalam mendengarkan topik materi
-                                             Expressions
-                                             Responses
-                                             Thank you
-                                             You are welcome
-                                             Thank you very much
-                                             That’s all right
-                                             Thanks a lot
-                                             Don’t mention it
-                                             Thanks
-                                             It’s ok
             
3.     Melengkapi  percakapan tentang ungkapan terimakasih.
Sinta       : Please sit down, Dodi.
Dodi        : ...............
Sinta       : You are welcome

Herry       : This is your book, Marry?
Marry      : Yes it is. Thanks.
Herry       : .................

Afdal       : This is aple for you Mira
Mira        :...................
Afdal       :....................


4.     Mendengarkan gambit-gambit yang muncul dalam materi percakapan terkait.
5.     Menjawab / merespon pertanyaan berdasarkan materi yang diperdengarkan

  1. Kegiatan Penutup
    1. Menanyakan kesulitan yang dihadapi peserta didik selama PBM berlangsung
    2. Menyimpulkan materi pembelajaran
    3. Penugasan / Pekerjaan Rumah
8. Sumber Pembelajaran :
1.     Buku guru
2.     Script percakapan tulis
9. Penilaian :
Tehnik
1.     Tes lisan
2.     Tes tertulis
3.     Unjuk kerja
Bentuk
  1. Merespon ungkapan lisan
  2. Melakukan perintah guru
10. Instrument:
1. Listen to the expressions and give your response.
A: This is apple for you
B:  .......................
2. Listen to the expressions and choose the best option.
A : this is your book Anto
B : ... .....
  a. oh, really ?
  b. Thank you
                               c. It’s a pleasure
                               d. Nice to meet you, Too

Pertemuan Berikutnya

Materi : Meminta dan memberi informasi

Langkah– langkah Kegiatan :

Kegiatan Pendahuluan
    1. Salam / Tegur sapa
    2. Absensi
    3. Apersepsi
    4. Motivasi
Kegiatan Inti :
Mendengarkan percakapan tentang ungkapan  Meminta dan memberi informasi


Student Listen and Practice

Memperhatikan kosakata dan tatabahasa yang kemungkinan besar muncul dalam mendengarkan topik materi
Mendengarkan percakapan tentang meminta dan memberi informasi, ungkapan terimakasih, permintaan maaf dan kesantunan
Mendengarkan gambit-gambit yang muncul dalam materi percakapan terkait.
Menjawab / merespon pertanyaan berdasarkan materi yang diperdengarkan

Transcript of the dialogue above
Transcript of the dialogue above
  1. Kegiatan Penutup
    1. Menanyakan kesulitan yang dihadapi peserta didik selama PBM berlangsung
    2. Menyimpulkan materi pembelajaran
    3. Penugasan / Pekerjaan Rumah
8. Sumber Pembelajaran :
3.     Buku guru
4.     Script percakapan tulis
9. Penilaian :
Tehnik
4.     Tes lisan
5.     Tes tertulis
6.     Unjuk kerja
Bentuk
  1. Merespon ungkapan lisan
  2. Melakukan perintah guru
10. Instrument:
1. Listen to the expressions and give your response.
A: could you tell me where the post office is?
B:  .......................
2. Listen to the expressions and choose the best option.
A : Can you tell me where my book is?
B : ......................
  a. oh, really ?
  b. Thank you
                               c. On the table
                               d. Nice to meet you, Too

Pertemuan Berikutnya

Materi : Meminta dan memberi maaf

Langkah– langkah Kegiatan :

Kegiatan Pendahuluan
    1. Salam / Tegur sapa
    2. Absensi
    3. Apersepsi
    4. Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Mendengarkan percakapan tentang ungkapan  Meminta dan memberi maaf
2. Melengkapi dialog dengan ungkapan yang tepat sesuai materi


          2. Indah       :I’m sorry, I broke your ruler.
              Rani                   : _________________________
a.      Thank you              c. Please exuse me
b.     Never mind            d. You are welcome
3. Romi        : I apologise for my mistake.
    Deni                  :__________________________
a.      Thank you                            c. It doesn’t mattter
b.     My pleasure                 d. You welcome
4. Sinta        : I’m sorry for not calling you
    Dewi        : __________________________
a.      That’s OK                    c. You are welcome
b.     Any time                     d. Sure
5. Mother      : Erli, did you break the plate?
    Erli           : Yes, I did. I’m very sorry Mom.
 Mother        :____________________________
a.      I’m sorry too                         c. Don’t mention it
b.     That’s quite all right               d. You are welcome

3.     Kegiatan Penutup
-                Menanyakan kesulitan yang dihadapi peserta didik selama PBM berlangsung
-                Menyimpulkan materi pembelajaran
-                Penugasan / Pekerjaan Rumah

8. Sumber Pembelajaran :
-          Buku English in Focus For Grade VII, Page 21
-          Script percakapan tulis
9. Penilaian :
Tehnik
-          Tes lisan
-          Tes tertulis
-          Unjuk kerja
Bentuk
-         Merespon ungkapan lisan
-         Melakukan perintah guru
10. Instrument:
 
Mengetahui :
Kepala SMPN ……………….                               …………………,  Juli  2009
                                                                             Guru Bidang Study



……………………                                                        ………………………

NIP. ………………                                                      NIP. …………………


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar