Tuesday, June 7, 2011

program semester b. inggris kelas VII

PROGRAM SEMESTER
SEKOLAH : SMP NEGERI .................................
MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
KELAS / SEMESTER : VII / 1
TAHUN PELAJARAN : 2009 / 2010
                                                            A. RINCIAN MINGGU EFEKTIF                                                      
                                                           
NO
BULAN
JUMLAH MINGGU

1
2
3
4
5
6

JULI
AGUSTUS
SEPTEMBER
OKTOBER
NOPEMBER
DESEMBER

2
3
0
5
4
2

16 x 4 jam pelajaran = 64 jam pelajaran (40 menit)

                                    B. DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU.
                       
NO
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KKM
ALOKASI WAKTU

1

















2


















3













4













5













6





7




8




9




10






11















1.1. Mendengarkan.
Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yg melibatkan tindak tutur: menyapa yg belum dan sudah dikenal, mengenalkan diri sendiri dan orang lain, memerintah atau melarang.









3.1. Berbicara.
Melakukan interaksi dengan  dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum dan sudah dikenal, mengenalkan diri sendiri dan orang lain, memerintah atau melarang.













1.2. Mendengarkan.
Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan ionterpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, mengungkapkan kesantunan.




3.2. Berbicara.
Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, mengungkapkan kesantunan.









2.1. Mendengarkan.
Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.









4.1. Berbicara.
Mengungkapkan makna tindak tutur fungsional  pendek sangat sederhana dengan secara akurat, lancar dan berterima untuk beruinteraksi dengan lingkungan terdekat.

2.2. Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

4.2. Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

5.1. Membaca.
Membaca nyaring bermakna kata, frase, kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.

5.2. Membaca.
Merespon makna yang terdapat dalam teks fungsional pendek sangat sesderhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.


6.1. Menulis.
Mengungkapkan makna gagasan dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

6.2. Menulis.
Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.



Percakapan yang memuat ungkapan-uangkapan:

A: Good morning. How are you?
B: Fine. Thanks. Nice to meet you.

A: Hello. I’m Nina.
B: Hi. I’m Reny. Nice to meet you.

A: Tuti, this my friend Mary.
B: Helo, Mary!
C: Hi, Tuti! Nice to meet you.
B: Nice to meet you too.

A: Don’t do that.
B: No, I won’t.


Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan:
A: Good morning. How are you?
B: Fine, thanks.

A: Hi, I ‘m Andi. Nice to meet you.
B: Hi, I’m Ben. Nice to meet you too.

A: Andi, meet Ben!
B: How do you do?
C: How do you do? Nice to meet you.
B: Nice to meet you too.

A: Don’t make a noise.
B: No, I won’t.

A: Clean the board, will you?
B: All right.


Percakapan yg memuat ungkapan-ungkapan:

A: Where is it?
B: It’s there.

A: Thank you.
B: You’re welcome.

A: I’m sorry.
B: It’s okay.

A: Please!
B: All right.



Percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan:

A: Where is it?
B: It’s there.

A: Thank you.
B: You’re welcome.

A: I’m sorry.
B: It’s okay.

A: Please!
B: All right.

Instruction :

Keep away!
Keep closed!
Stay where you are. Don’t move.
Turn around. Face the front.

Congratulation:

Well done!
That’s great!
Bravo. You did a good job.


Instruction.
Congratulation




Teks fungsional:
Instruction dan congratulation.



Teks fungsional:

Instruction dan congratulation.


Kata, frase, kalimat yang sudah dipelajari terutama yang berhubungan dengan instruksi dan ucapan selamat.
Pronunciation, intonation.

Teks fungsional authentic :
Instruction, congratulation.

Informasi tersurat, tersirat, informasi umum, makna kata, rujukan kata, purpose, dll.

Functional texts:
Instruction and congratulation.
Kalimat-kalimat pendek sederhana berbentuk instruksi dan ucapan selamat.



Teks fungsional :
Instruksi
Greeting card




Teks fungsional lisan pendek dalam bentuk kalimat sederhana berupa daftar barang dan pengumuman.








60


60


60




60




60


60


60




60


60





60


60


60


60






60


60


60


60





60
60










60




60




60






60



60

60



60






60





60





4 x 40
















4 x 40


















4 x 40
















4 x 40












4 x 40













4 x 40





4 x 40




4 x 40




4 x 40










4 x 40






                                    Note      : KKM Boleh di rubah sesuai dengan KKM sekolah masing masing


………………………………., JUNI 2009
                        Mengetahui:
                        Kepala SMP NEGERI……………………….                                                                                                                                          Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris:                                                                               

…………………………………………                                                                                                                                                    ……………………………….                                                                              NIP……………………………….                                                                                                                                                         NIP………………………………..                               

No comments:

Post a Comment