BAB IV. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 1 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
Tujuan : Siswa dapat merumuskan ciri-ciri makhluk hidup
I. Indikator
· Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu
· Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup
II. Materi Ajar
· Pengertian Biologi sebagai ilmu
· Ciri-ciri makhluk hidup
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan-diskusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (5 menit)
· Guru menanyakan kepada siswa beberapa benda yang biasa di jumpai oleh siswa.
· Siswa diminta mengidentifikasi benda yang termasuk makhluk hidup dan benda mati.
B. Kegiatan inti (30 menit)
· Guru menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap sebagai makhluk hidup.
· Siswa mengidentifikasi berbagai ciri/sifat makhluk hidup yang dapat teramati.
· Guru menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat teramati.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi
V. Alat/Bahan/Sumber
· Buku Kerja Biologi IA, Esis
· Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
· Berbagai makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah
VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.2)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 2 - 3
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1. Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar : 1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma
Tujuan : Siswa dapat mendeskripsikan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi ilmu biologi
I. Indikator
· Menarik kesimpulan ruang lingkup biologi berdasarkan hasil pengamatan
· Menggambar model struktur keilmuan biologi berdasarkan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan
· Menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan dari contoh cabang ilmu biologi
· Membuat makalah tentang struktur keilmuan, perkembangan, dan prospek salah satu cabang ilmu biologi
II. Materi Ajar
· Tiga aspek keilmuan biologi meliputi:
1. Objek
2. Permasalahan
3. Tingkat organisasi
· Cabang-cabang ilmu biologi dapat di analisis berdasarkan “kue biologi”
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi–Penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi.
· Siswa mengidentifikasi kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai obyek biologi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai kelompok makhluk hidup hidup
· Guru bersama dengan siswa mengidentifikasi berbagai tingkat organisasi kehidupan pada objek biologi.
· Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai permasalahan dalam biologi.
· Guru bersama siswa membuat gambar struktur keilmuan biologi berdasarkan aspek objek, tingkat organisasi, dan permasalahan biologi.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama dengan siswa menyimpulkan struktur keilmuan biologi.
· Guru minta siswa untuk mengidentifikasi beberapa cabang ilmu biologi dan struktur keilmuaannya.
Pertemuan 3 (1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan beberapa objek, tingkat organisasi. dan permasalahan pada beberapa cabang ilmu biologi yang sudah berhasil diidentifikasi siswa.
B. Kegiatan inti (25 menit)
· Guru mendiskusikan beberapa cabang ilmu biologi beserta perkembangan ilmu dan prospeknya di masa depan.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru menugaskan siswa untuk mengumpulkan informasi dan membuat makalah tentang satu cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya di masa depan.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Kerja Biologi IA, Esis
· Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
· Informasi tentang berbagai cabang ilmu biologi dari berbagai sumber, misalnya, koran, majalah, jurnal, buku sumber, dan internet
VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.1)
· Hasil makalah tentang cabang ilmu biologi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 4
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
Tujuan : Siswa dapat memahami ciri-ciri virus, struktur tubuh virus, dan peran virus bagi manusia
I. Indikator
· Menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis
· Mendeskripsikan ciri-ciri virus
· Membandingkan ciri virus dan ciri hewan/tumbuhan
· Menggambar skema reproduksi virus
· Mengidentifikasi peran virus bagi manusia
· Membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya
II. Materi Ajar
· Prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup
· Ciri-ciri virus meliputi:
1. Ciri benda mati virus
2. Ciri hidup virus
· Struktur tubuh virus
· Cara reproduksi virus
· Peran virus bagi manusia meliputi:
1. Peran yang menguntungkan
2. Peran yang merugikan
III. Metode Pembelajaran
· Diskusi-Penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 4 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (15 menit)
· Guru bersama siswa mendiskusikan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup.
· Guru bersama siswa mendiskusikan klasifikasi makhluk hidup pada tingkat Kingdom.
B. Kegiatan inti (65 menit)
· Guru menanyakan sejarah penemuan virus.
· Guru bersama siswa menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis.
· Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri dan struktur tubuh virus.
· Siswa menyimpulkan perbedaan ciri virus dengan makhluk hidup lain (kegiatan 3.1).
· Guru bersama siswa menggambar skema reproduksi virus.
· Guru bersama siswa mendiskusikan peran virus bagi manusia.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri dan struktur tubuh virus.
· Guru menugaskan siswa untuk membuat kajian tertulis tentang virus dan penyakit yang disebabkannya.
Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya.
V. Alat/Bahan/Sumber
· Buku Kerja Biologi IA, Esis
· Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab II dan III
· Foto ultramikroskopis virus
· Berbagai informasi tentang penyakit yang disebabkan virus
VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis
· Hasil kajian tentang peran virus dan kajian tentang virus
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 5 dan 6
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu memahami prokariot yang meliputi struktur, fungsi tubuh, klasifikasi, dan peranan Eubacteria dan Archaeobacteria
I. Indikator
· Menjelaskan pengertian prokariotik
· Menggambarkan berbagai bentuk sel dan koloni Eubaeteria
· Memberi keterangan struktur dan fungsi sel bakteri
· Membedakan struktur Eubakteria dan Archeobacteria
· Mendeskripsikan peran bakteri bagi manusia
II. Materi Ajar
· Pengertian prokariot
· Ciri-ciri Eubacteria
1. Bentuk sel dan kloloni Eubacteria
2. Sturktur sel Eubacteria
3. Cara hidup Eubacteria
4. reproduksi bakteri
· Klasifikasi Eubacteria
· Perbedaan Archaeobacteria dan Eubacteria
· Contoh-corntoh Archaeobacteria
· Peranan bakteri bagi manusia
III. Metode Pembelajaran
· Diskusi-Penugasan-Pengamatan
IV. Langkah Langkah Pembelajaran
Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan beberapa makanan yang melibatkan bakteri dalam pembuatannya.
· Guru bersama siswa menyimpulkan arti penting bakteri bagi manusia.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan pengamatan bakteri dengan menggunakan Kegiatan 4.1 dan 4.2.
· Siswa menyiapkan alat dan bahan, dan melakukan pengamatan struktur bakteri.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa mengembalikan alat dan bahan pengamatan.
· Siswa menyusun laporan hasil pengamatan.
· Siswa mengumpulkan laporan.
Pertemuan 6 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (15 menit)
· Guru menanyakan kembali hasil pengamatan bakteri.
· Guru dan siswa mendiskusikan ciri umum prokariot.
· Guru dan siswa mendiskusikan kelompok dalam prokariot.
B. Kegiatan inti (65 menit)
· Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai bentuk sel dan koloni Eubakteri.
· Guru bersama siswa mendiskusikan struktur dan fungsi sel bakteri.
· Guru bersama siswa mendiskusikan berbagai contoh Eubakteria.
· Guru bersama siswa mendiskusikan perbedaan Eubakteria dan Archaebacteria.
· Guru bersama siswa mendiskusikan peranan bakteri bagi manusia.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru menugaskan siswa melakukan praktek pembuatan yoghurt dengan menggunakan kegiatan 4.4 sebagai Kegiatan mandiri di rumah.
VI. Alat/Bahan/Sumber
· Buku kerja Biologi 1A, Esis
· Buku Biologi , SMA Kelas X, Esis, Bab IV
· Biakan bakteri
· Air kolam
· Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup
VII. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan bakteri
· Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 7 dan 8
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista dan peranannya bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri Protista, mengklasifikasikan Protista, peranan Protista bagi manusia
I. Indikator
· Mendeskripsikan ciri-ciri Protista yang menyerupai hewan,menyerupai tumbuhan dan menyerupai jamur.
· Mengelompokkan contoh Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
· Mengidentifikasi Protista yang menguntungkan dan merugikan manusia.
II. Materi Ajar
· Ciri-ciri Protista meliputi:
1. Protista yang meyerupai tumbuhan
2. Protista yang menyerupai hewan
3. Protista yang menyerupai jamur
· Peranan protista bagi manusia meliputi:
1. Peranan yang menguntungkan
2. Peranan yang merugikan
III. Metode Pembelajaran
· Diskusi - Penugasan - Pengamatan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali kepada siswa ciri-ciri prokariot.
· Guru mendiskusikan makhluk hidup satu sel lainnya yang mempunyai ciri berbeda dengan prokariot.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru meminta siswa untuk menyiapkan alat dan bahan pengamatan Protista dengan menggunakan Kegiatan 5.1.
· Siswa melakukan pengamatan makroskopis maupun mikroskopis Protista.
· Siswa menggambar hasil pengamatan.
· Siswa membuat laporan hasil pengamatan.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri Protista.
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.
Pertemuan 8 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali ciri-ciri umum Protista.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru bersama siswa mendiskusikan dasar klasifikasi Protista.
· Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
· Siswa mendeskripsikan contoh-contoh Protista yang menyerupai hewan, tumbuhan, dan jamur.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru menugaskan siswa untuk membuat kajian tentang Protista dengan menggunakan Kegiatan 5.3.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku kerja Biologi 1A, Esis
· Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab V
· Air kolam
· Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup
· Berbagai informasi tentang Protista dari berbagai sumber (koran, majalah, buku, atau internet)
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan Protista
· Makalah kajian Protista
· Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 9 dan 10
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu mendeskripsikan ciri-ciri jamur, mengklasifikasikan jamur, dan peranan jamur bagi manusia
I. Indikator
· Mendeskripsikan ciri-ciri jamur
· Mendeskripsikan cara jamur memperoleh makanan
· Membedakan spora aseksual dan seksual
· Memberikan alasan pemisahan jamur dari tumbuhan dalam klasifikasinya
· Membuat produk makanan yang menggunakan jamur
II. Materi Ajar
· Ciri-ciri jamur meliputi:
1. Ciri struktur
2. Cara hidup
· Macam-macam spora yang dihasilkan jamur meliputi:
1. Spora aseksual
2. Spora seksual
· Klasifikasi jamur
· Peranan jamur bagi manusia
· Proses produksi yang memanfaatkan jamur
III. Metode Pembelajaran
· Diskusi – Pengamatan – Penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan beberapa jenis jamur yang sudah dikenal siswa.
· Guru bersama siswa mendiskusikan ciri jamur berdasarkan contoh jamur yang dikenal siswa.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru meminta siswa menyiapkan alat dan bahan untuk mengamati jamur yang dibawa siswa dengan menggunakan Kegiatan 6.1.
· Siswa mengamati jamur baik dan menggambarkan hasil pengamatan.
· Siswa membuat laporan hasil pengamatan.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri jamur berdasarkan hasil pengamatan.
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan siswa.
Pertemuan 10 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)

B. Kegiatan Inti (70 menit)
· Guru bersama siswa mendiskusikan struktur tubuh jamur.
· Guru bersama siswa mendiskusikan cara hidup jamur.
· Guru bersama siswa mendiskusikan cara reproduksi jamur.
· Guru bersama siswa mendiskusikan dasar klasifikasi jamur dan contoh masing-masing divisi.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru menyimpulkan ciri-ciri, cara hidup, dan klasifikasi jamur.
· Guru menugaskan siswa untuk membuat produk makanan yang menggunakan jamur, misalnya tempe dan tape dengan menggunakan Kegiatan 6.2.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku kerja Biologi 1A, Esis
· Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VI
· Berbagai jamur yang bisa dijumpai di sekitar siswa
· Bahan-bahan pembuat tempe atau tape
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan jamur
· Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.1 Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
Tujuan
I. Indikator
· Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati
· Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati
· Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan.
II. Materi Ajar
· Keanekaragaman hayati pada tingkat gen, jenis, dan ekosistem
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru mendiskusikan adanya gejala keanekaragaman yang dijumpai siswa di lingkungan sekitar.
· Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru meminta siswa untuk mengamati keanekaragaman hayati dengan menggunakan Kegiatan 7.1.
· Siswa mengamati keanekaragaman hayati.
· Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dan menyusun laporan
· Guru dan siswa berdiskusi untuk menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa mengumpulkan laporan hasil kerja siswa
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku kerja Biologi 1A, Esis
· Buku Biologi, SMA kelas X, Esis, Bab VII
· Berbagai makhluk hidup yang ada di sekitar sekolah
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan
· Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 2
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.2 Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam
Tujuan : Siswa dapat menjelaskan karakteristik keanekaragaman hayati Indonesia, manfaat, dan cara melestarikannya
I. Indikator
· Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
· Mendiskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia.
· Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia.
· Memberikan alasan arti penting pelestarian keanekaragaman hayati.
· Membedakan pelestarian In situ dan ex situ.
II. Materi Ajar
· Pembagian daerah flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan
· Pembagian daerah fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber
· Berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia meliputi:
1. Hutan hujan tropis
1. Hutan hujan tropis
2. Hutan musim
3. Sabana
4. Stepa
· Berbagai manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia.
· Konservasi (perlindungan) keanekaragaman hayati meliputi In situ dan Ex situ
III. Metode Pembelajaran
· Diskusi – Penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menanyakan kembali pengertian keanekaragaman hayati dan tingkat-tingkat keanekaragaman hayati.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian flora Indonesia menurut Dr. Sampurna Kadarsan.
· Guru bersama siswa mendiskusikan pembagian fauna Indonesia menurut garis Weber dan Wallace.
· Guru bersama siswa mendiskusikan tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia.
· Guru bersama siswa mendiskusikan arti penting keanekaragaman hayati.
· Guru bersama siswa mendiskusikan tentang berbagai cara konservasi keanekaragaman hayati.
· Guru memberikan tugas pada siswa untuk membuat kliping tentang organisme khas daerah dengan menggunakan Kegiatan 7.4. Tugas dikumpulkan pada jam pelajaran berikutnya.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang keanekaragaman hayati Indonesia.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
a. Buku kerja Biologi 1A, Esis
b. Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VII
c. Berbagai informasi tentang berbagai makhluk hidup khas suatu daerah
VI. Penilaian
· Kliping tentang berbagai makluk hidup khas daerah
· Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 3 dan 4
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia
Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan lumut bagi manusia
I. Indikator
· Mendiskripsikan ciri umum dunia tumbuhan
· Menyusun klasifikasi dunia tumbuhan
· Mendeskripsikan ciri-ciri umum tumbuhan lumut (Bryophyta)
· Menggambar struktur tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan
· Menggambar siklus hidup tumbuhan lumut
· Mengumpulkan informasi tentang peranan lumut bagi manusia
II. Materi Ajar
· Ciri umum dunia tumbuhan
· Klasifikasi tumbuhan
· Ciri-ciri dan struktur tubuh tumbuhan lumut (Bryophyta)
· Klasifikasi tumbuhan lumut (Bryophyta)
· Siklus hidup tumbuhan lumut (Bryophyta)
· Peranan Bryophyta bagi manusia
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 3 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru bersama siswa berdiskusi tentang dunia tumbuhan (Plantae).
· Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
· Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat lumut (atau guru bersama siswa menyiapkan lumut segar).
· Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan lumut dengan menggunakan Kegiatan 8.1.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa mengamati tumbuhan lumut secara berkelompok.
· Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan lumut.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja.
· Guru meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan.
Pertemuan 4 (1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (5 menit)
· Guru memberi komentar umum laporan hasil kegiatan pengamatan sebelumnya.
B. Kegiatan inti (35 menit)
· Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan.
· Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan lumut.
· Guru bersama siswa mendiskusikan peranan lumut bagi manusia.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
· Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang ciri umum tumbuhan lumut.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Kerja Biologi IB, Esis
· Buku Biologi SMA I kelas X, Esis, Bab VIII
· Spesimen tumbuhan lumut
· Loupe
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan
· Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 5 dan 6
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri divisio dalam Dunia
Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup dan peranan tumbuhan paku bagi manusia
I. Indikator
· Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Mengklasifikasikan tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Menggambar struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan
· Menggambar siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Mengumpulkan informasi tentang peranan paku (Pteridophyta) bagi manusia
II. Materi Ajar
· Ciri-ciri tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Klasifikasi tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Struktur tubuh tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
· Peranan tumbuhan paku (Pteridophyta) bagi manusia
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru membagi siswa menjadi enam kelompok.
· Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat paku (atau guru bersama siswa menyiapkan berbagai contoh paku).
· Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan dengan dengan menggunakan Kegiatan 8.2.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa mengamati tumbuhan paku secara berkelompok.
· Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan paku.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja.
· Guru meyimpulkan ciri-ciri tumbuhan paku berdasarkan hasil pengamatan.
Pertemuan 6 (1 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal
· Guru menanyakan kembali ciri-ciri tumbuhan paku.
B. Kegiatan Inti
· Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan paku.
· Guru bersama siswa mendiskusikan peranan tumbuhan paku bagi manusia.
C. Kegiatan Akhir
· Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil diskusi.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Kerja Biologi IB, Esis
· Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VIII
· Spesimen tumbuhan paku
· Loupe
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan
· Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 7
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia
Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia
I. Indikator
· Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji (spermatophyta)
· Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji (spermatophyta)
· Menggambar struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang , daun, dan bunga
· Menentukan nama bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji (spermathophyta)
· Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan berbiji (spermatophyta) bagi manusia
II. Materi Ajar
· Ciri-ciri tumbuhan berbji (Spermatophyta)
· Klasifikasi tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
· Struktur tubuh (akar, batang, daun, dan bunga) tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
· Peranan tumbuhan berbiji (Spermatophyta) bagi manusia
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
IV. Langkah -Langkah Pembelajaran
Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa menjelaskan jenis tumbuhan lain yang belum dibahas.
· Guru meminta beberapa contoh tumbuhan yang dekat dengan siswa.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru meminta siswa untuk mengungkapkan ciri-ciri tumbuhan berbiji berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
· Guru bersama dengan siswa mendiskusikan klasifikasi tumbuhan berbiji.
· Siswa mengelompokkan beberapa tumbuhan berbiji berdasarkan ciri-ciri masing-masing kelompok.
· Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai peranan tumbuhan berbiji bagi manusia.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan.
V. Alat / Bahan/ Sumber
· Buku Kerja Biologi, Esis
· Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VIII
· Spesimen tumbuhan berbiji
· Loupe
VI. Penilaian
· Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 9 dan 10
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar : 3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri hewan dan membandingkan ciri-ciri masing-masing filum Dunia Hewan
I. Indikator
· Mendeskripsikan ciri umum dunia hewan
· Menjelaskan dasar klasifikasi dunia hewan
· Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan
· Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan
II. Materi Ajar
· Ciri umum dunia hewan
· Dasar klasifikasi dunia hewan
· Klasifikasi dunia hewan
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
IV. Langkah Langkah Pembelajaran
Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa membandingkan ciri dunia hewan dan tumbuhan.
B. Kegiatan inti (75 menit)
· Guru dan siswa mendiskusikan klasifikasi dunia hewan.
· Siswa mengumpulkan informasi dari buku dan menyusun perbandingan ciri-ciri masing-masing filum hewan dalam sebuah tabel.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
· Siswa mengumpulkan tabel hasil perbandingan.
· Guru menyimpulkan ciri umum dunia hewan.
Pertemuan 10 (2 X 45 menit)
A. Kegiatan awal
· Guru meminta siswa berkelompok sesuai kelompoknya dan mempersiapkan alat dan bahan pengamatan arthropoda
B. Kegiatan Inti
· Siswa mengamati contoh hewan arthropoda dengan menggunakan kegiatan 9.1
· Siswa mencatat hasil pengamatan
· Siswa membersihkan alat dan bahan, dan mengembalikan ke tempat semula
· Siswa menyusun laporan.
C. Kegiatan Akhir
· Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil pengamatan.
· Siswa mengumpulkan laporan pengamatan.
V. Alat / Bahan/ Sumber
· Buku Kerja Biologi IB, Esis
· Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab IX
· Belalang, laba-laba, udang dan lipan/kelabang
· Loupe
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan
· Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 11 dan 12
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar : 4.1 Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan ruang lingkup ekologi, interaksi yan terjadi dalam ekosistem, perjalanan energi, dan materi dalam ekosistem
I. Indikator
· Mendefinisikan pengertian ekologi sebagai ilmu
· Membedakan pengunaan istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik
· Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem
· Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi, dan daur energi
· Mengambarkan bagan/skema daur biogeokimia
II. Materi Ajar
· Pengertian ekologi sebagai ilmu
· Ekosistem dan komponen penyusunnya
· Pengelompokan komponen biotik berdasarkan fungsinya
· Tingkat organisasi komponen biotik dalam ekosistem
· Berbagai interaksi dalam ekosistem
· Rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi
· Aliran energi dan siklus materi dalam ekosistem
· Daur biogeokimia
III. Metode Pembelajaran
· Pengamatan – Diskusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 11 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa untuk menunjukkan adanya interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
· Guru bersama siswa mendiskusikan ruang lingkup ekologi.
· Guru membagi kelas menjadi enam kelompok.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru meminta siswa mengamati komponen abiotik dalam ekosistem dengan menggunakan Kegiatan 10.1.
· Guru dan siswa mendiskusikan komponen ekosistem.
· Guru dan siswa mendiskusikan interaksi yang terjadi dalam ekosistem.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa menyimpulkan pengertian eksosistem dan komponen-komponennya.
· Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan.
Pertemuan 12 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menunjukkan interaksi yang paling menonjol adalah aktivitas makan.
B. Kegiatan Inti (70 menit)
· Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi beberapa rantai makanan yang terjadi dalam ekosistem.
· Siswa menggambar rantai-antai makanan tersebut, sehingga akan membentuk jaring-jaring makanan.
· Siswa menggambar piramida ekologi berdasarkan jaring-jaring makanan.
· Siswa mendeskripsikan perjalanan energi dan materi dalam ekosistem serta daur biogeokimia.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang rantai makanan, perjalanan energi dan materi dalam ekosistem, serta daur biogeokimia.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Kerja Biologi IB, Esis
· Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab X
· Ekosistem yang ada di sekitar sekolah
VI. Penilaian
· Laporan hasil pengamatan
· Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/ Semester : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan : 13 dan 14
Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
Kompetensi Dasar : 4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah kerusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan
4.3 Menganaisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
4.4 Membuat produk dau ulang limbah
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah lingkungan dan pelestarian lingkungan
I. Indikator
· Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia
· Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia
· Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu
· Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme
· Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan
· Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan
· Mengetahui penanganan limbah dengan cara daur ulang
II. Materi Ajar
· Keseimbangan lingkungan
· Aktivitas manusia dan dampaknya terhadap lingkungan
· Beberapa bahan pencemara dan dampaknya
· Upaya pencegahan pencemaran lingkungan
· Penanganan limbah dengan cara daur ulang
III. Metode Pembelajarn
· Pengamatan – Eksperimen – Diskusi – Penugasan
IV. Langkah Langkah pembelajaran
Pertemuan 13 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa menunjukkan beberapa aktivitas manusia dan mengetahui tujuan dari aktivitas tersebut.
· Guru dan siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Guru bersama siswa mengidentifikasi sistem keseimbangan dalam lingkungan.
· Guru bersama siswa mendiskusikan dampak aktivitas manusia terhadap keseimbangan lingkungan.
· Guru bersama siswa mendefinisikan pengertian pencemaran lingkungan.
· Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai pencemaran lingkungan, sebab, dan dampaknya.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Guru menyimpulkan pencemaran lingkungan sebab dan dampaknya.
Pertemuan 14 (2 jam pelajaran)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa berkelompok sesuai dengan kelompoknya.
· Guru meminta siswa untuk mempersiapkan alat dan bahan untuk eksperimen dengan menggunakan Kegiatan 11.1 atau 11.2.
B Kegiatan inti (65 menit)
· Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk eksperimen.
· Siswa membuat perlakuan eksperimen.
· Siswa melakukan pengamatan.
· Siswa menyusun laporan hasil pengamatan lalu mengumpulkan.
C. Kegiatan akhir (15 menit)
· Guru menyimpulkan hasil kegiatan eksperimen
· Guru bersama siswa mendiskripsikan penanganan limbah dengan cara daur ulang dan produk-produk hasil daur ulang limbah.
· Guru menugaskan siswa untuk membuat kertas daur ulang di rumah dengan menggunakan Kegiatan 11.3.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Kerja Biologi IB, Esis
· Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab XI
· Beberapa aktivitas manusia
· Bahan untuk daur ulang kertas
VI. Penilaian
· Laporan hasil eksperimen
· Uji kompetensi tertulis
mhn izin copas yaaaa
ReplyDeleteMantap penjelasannya gan.. untuk informasi lainnya mengenai Permasalahan Biologi Pada Berbagai Tingkat Organisasi Kehidupan blogwalking juga ke blog saya Ensikloblogia
ReplyDelete