BAB III SILABUS
SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS/SEMESTER : X (SEPULUH)/I
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu
ALOKASI WAKTU : 4 x 45 menit
Kompetensi dasar | Kompetensi sebagai Hasil Belajar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi ![]() 1.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma | · Menemukan benda-benda yang menjadi objek biologi · Menemukan gejala/fenomena yang menjadi objek biologi · Mengamati ciri-ciri makhluk hidup · Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup · Menyebutkan objek biologi · Menyebutkan permasalahan biologi · Menyebutkan tingkat organisasi kehidupan dalam biologi · Mendeskripsikan cabang ilmu biologi berdasarkan objek, masalah dan tingkat organisasi kehidupannnya. · Mengumpulkan informasi dan membuat struktur keilmuan, perkembangan dan prosepk cabang biologi · Membuat makalah | · Pengertian Biologi sebagai ilmu · Ciri-ciri makhluk hidup · Tiga aspek keilmuan biologi meliputi: 1. Objek 2. Permasalahan 3. Tingkat organisasi · Cabang-cabang ilmu biologi dapat di analisis berdasarkan “kue biologi” | · Mendiskusikan ciri-ciri makhluk hidup · Diskusi mengidentifikasi objek biologi, permasalahan biologi, dan tingkat orgasasi kehidupan · Diskusi menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan pada beberapa cabang ilmu biologi · Tugas mengumpulkan informasi dan membuat makalah tentang cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya | · Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu · Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup · Menarik kesimpulan ruang lingkup biologi berdasarkan hasil pengamatan · Menggambar model struktur keilmuan biologi berdasarkan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan · Menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan dari contoh cabang ilmu biologi · Membuat makalah tentang struktur keilmuan, perkembangan, dan prospek salah satu cabang ilmu biologi | · Jenis tagihan: Uji kompetensi tertulis · Instrumen peninalian: Soal uji kompetensi tertulis · Jenis tagihan: 1. Uji kompetensi tertulis 2. Makalah · Instrumen penilaian: 1. Soal uji kompetensi tertulis 2. Lembar penilaian makalah | 1 ![]() 3 ![]() | · Buku kerja Biologi 1A. Ign. Khristiyono P.S, Esis, · Buku Biologi X Dyah aryulina dkk, Esis, Bab I · Makhluk hidup dan benda mati yang ada di sekitar sekolah · Buku kerja Biologi 1A. Ign. Khristiyono P.S, Esis · Buku Biologi X , Dyah aryulina dkk, Esis, BAB I · Koran, majalah, jurnal, buku sumber, dan internet |
SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS/SEMESTER : X (SEPULUH)/I
STANDAR KOMPETENSI : 2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
ALOKASI WAKTU : 14
45 menit

Kompetensi dasar | Kompetensi sebagai Hasil Belajar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
2.1 Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi dan peran virus dalam kehidupan ![]() 2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya bagi kehidupan 2.3 Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam Kingdom Protista dan perannya bagi kehidupan ![]() 2.4 Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan | · Menyimpulkan prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup. · Menggambar struktur virus berdasarkan foto ultra mikroskopis · Memberi nama bagian-bagian tubuh virus · Mengurutkan proses-proses reproduksi virus · Mengumpulkan informasi peran virus bagi manusia · Membuat kegiatan tentang virus · Menggambar sel bakteri berdasarkan pengamatan mikroskopis · Mendeskripsikan struktur dan fungsi sel bakteri · Mengelompokkan Eubacteria · Membuat tabel perbedaan Eubakteria dan Archaebacteria · Membuat produk olahan bahan makanan dengan menggunakan bakteri · Mengamati jenis-jenis Protista dengan menggunakan mikroskop · Menggunakan mikroskop · Membuat preparat · Menggambar Protista berdasarkan hasil pengamatan -pengamatan Protista · Mendeskripsikan ciri-ciri Protista · Megenlompokkan Protista berdasarkan ciri yang dapat diamati · Mengumpulkan informasi tentang Protista · Mengamati struktur jamur · Menggambar struktur tubuh jamur · Mengelompokkan jamur · Mendeskripsikan ciri-ciri jamur · Membuat produk makanan menggunakan jamur | · Prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup · Ciri-ciri virus meliputi : 1. Ciri benda mati virus 2. Ciri hidup virus · Struktur tubuh virus · Cara reproduksi virus · Peran virus bagi manusia meliputi : 1. Peran yang menguntungkan 2. Peran yang merugikan · Pengertian prokari E · Ciri-ciri Eubacteria 1. Bentuk sel dan koloni Eubacteria 2. Struktur sel Eubacteria 3. Cara hidup Eubacteria 4. Reproduksi bakteri · Klasifikasi Eubacteria · Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria · Contoh-corntoh archaebacteria · Peranan bakteri bagi manusia ![]() 1. Protista yang menyerupai tumbuhan. 2. Protista yang menyerupai hewan 3. Protista yang menyerupai jamur · Peranan Protista bagi manusia meliputi: 1. Peranan yang mengutungkan 2. Peranan yang merugikan Ciri-ciri jamur meliputi: 1. Ciri struktur 2. Cara hidup Macam-macam spora yang dihasilkan jamur meliputi: 1. Spora aseksual 2. Spora seksual Klasifikasi jamur Peranan jamur bagi manusia Proses produksi yang memanfaatkan jamur | · Diskusi prinsip dan dasar klasifikasi makhluk hidup · Mengamati dan menggamti struktur tubuh virus · Diskusi ciri-ciri virus · Menggambar skema reproduksi virus · Mengumpulkan informasi tentang peran virus bagi manusia · Tugas membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya · Pengamatan bentuk bakteri (Kegiatan 4..1) · Diskusi ciri-ciri struktur Eubacteria · Pengamatan bentuk-bentuk Cyanobacteria (Kegiatan 4.2) · Diskusi ciri-ciri Archaeobacteria · Diskusi peranan bakteri bagi manusia · Praktek pembuatan yoghurt (Kegiatan 4.4) · Praktikum pengamatan Protista yang hidup di air kolam · Diskusi untuk mendeskripsikan ciri-ciri Protista · Diskusi tentang klasifikasi Protista yang diamati · Tugas mengumpulkan informasi tentang protista · Praktikum pengamatan jamur · Menggambar struktur jamur berdasarkan hasil pengamatan · Diskusi sturktur tubuh jamur berdasarkan hasil pengamatan · Surevi/kunjungan ke lokasi produksijamur misalnya pabrik tempe, oncom, dll | · Menggambar struktur tubuh virus berdasarkan foto ultramikroskopis · Mendeskripsikan ciri-ciri virus · Membandingkan ciri virus dan ciri hewan/tumbuhan · Menggambar skema reproduksi virus · Mengidentifikasi peran virus bagi manusia · Membuat kajian tentang virus dan penyakit yang disebabkannya · Menjelaskan pengertian prokariot · Menggambarkan berbagai bentuk sel dan koloni Eubakteria · Memberi keterangan struktur dan fungsi sel bakteri · Membedakan struktur Eubakteria dan Archaeobacteria · Mendeskripsikan peran bakteri bagi manusia · Mendeskripsikan ciri-ciri protista yang menyerupai hewan, menyerupai tumbuhan, dan menyerupai jamur · Mengelompokkan contoh Protista yang diamati · Mengidentifikasi Protista yang menguntungkan dan merugikan manusia · Mendeskripsikan ciri-ciri jamur · Mendeskripsikan cara jamur memperoleh makanan · Membedakan spora aseksual dan seksual · Memberikan alassan pemisahan jamur dari tumbuhan dalam kalsifikasinya · Melaporkan proses pembuatan suatu produk yang menggunakn jamur | · Jenis tagihan: 1. Uji kompetensi tertulis 2. Makalah · Instrumen penilaian: 1. Soal uji kompetensi tertulis 2. Lembar penilaian · Jenis tagihan: 1. Laporan hasil praktikum pengamatan bakteri 2. Uji Kompetensi tertulis · Instrumen penilaian: 1. Lembar penilaian laporan hasil praktikum 2. Soal uji kompetensi tertulis ![]() 1. Laporan hasil pengamatan praktikum 2. Uji kompetensi tertulis 3. Makalah ![]() 1. Lembar observasi kegiatan praktikum 2. Lembar penilaian laporan hasil praktikum 3. Lembar penilaian makalah 4. Soal uji kompetensi tertulis ![]() 1. Laporan hasil pengamatan 2. Uji kompetensi tertulis ![]() 1. Lembar observasi praktikum 2. Lembar penilaian laporan hasil praktikum 3. Soal uji kompetensi tertulis | 2 ![]() 4 ![]() 4 ![]() 4 ![]() | · Buku kerja Biologi 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis · Buku Biologi X, Dyah aryulina dkk, Esis, BAB II dan Bab III · Berbagai informasi tentang virus dan penyakit yang disebabkan virus · Buku kerja Biologi 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis · Buku Biologi X , Dyah aryulina dkk, Esis, BAB IV · Biakan bakteri · Air kolam · Mikroskop, kaca objek, dan kaca penutup · Buku kerja 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis · Buku Biologi X, Dyah Aryulina, dkk, Bab X · Air kolam · Mikroskop, kaca obyek, dan kaca penutup · Berbagai informasi tentang Protista dari berbagai sumber (koran, majalah, buku, atau internet) · Buku kerja 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis · Buku biologi, X Dyah aryuliana dkk, Esis. Bab IV · Contoh jamur · Bahan-bahan pembuat tempe dan tape |
SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS/SEMESTER : X (SEPULUH)/II
STANDAR KOMPETENSI : 3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
ALOKASI WAKTU : 16
45 menit

Kompetensi dasar | Kompetensi sebagai Hasil Belajar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
3.1. Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan ![]() 3.2. Mengkomunikasikan keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan sumber daya alam 3.3. Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di Bumi 3.4. Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan | · Mengamati gejala keanekaragaman · Mencatat ciri-ciri hasil pengamatan · Menyimpulkan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan · Membaca peta tipe keanekaragaman flora Indonesia · Membaca peta tipe keanekaragaman fauna Indonesia menurut Wallace dan Weber · Mendeskripsikan ciri-ciri bioma yang ada di Indonesia · Mengumpulkan informasi arti penting keanekaragaman hayati bagi manusia · Mengumpulkan informasi berbagai jenis flora dan fauna Indonesia yang terancam kepunahan dan dilindungi · Mengumpulkan informasi berbagai cara konservasi untuk melindungi flora dan fauna dari kepunahan · Mengamati tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan berbiji · Menggambar struktur tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan spermatophyta · Mendeskripsikan ciri-ciri tumbuhan lumut, tumbuhan paku, dan tumbuhan berbiji · Menentukan fase-fase pada siklus hidup tumbuhan · Menggambar siklus hidup tumbuhan lumut dan tumbuhan paku · Menggambar bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji dan mengetahui ciri-ciri bagian tubuh tersebut · Mendeskripsikan perbedaan dunia hewan dan dunia tumbuhan · Mendiskripsikan ciri umum dunia hewan · Mengklasifikasikan dunia hewan · Membandingkan ciri-ciri masing-masing filum hewan · Mengamati beberapa contoh kelas hewan · Menggambar struktur tubuh hewan · Mendeskripsikan ciri hewan berdasarkan hasil pengamatan | · Keanekaragaman hayati pada tingkat: 1. Gen 2. Jenis 3. Ekosistem ![]() ![]() ![]() 1. Hutan hujan tropis 2. Hutan musim 3. Sabana 4. stepa ![]() ![]() 1. In-situ 2. E-situ · Ciri umum Dunia Tumbuhan · Klasifikasi tumbuhan · Divisi tumbuhan lumut (Bryophyta) meliputi: 1. Ciri-ciri umum Bryophyta 2. Klasifikasi Bryophyta 3. Struktur tubuh Bryophyta 4. Siklus hidup Bryophyta 5. Peranan Bryophyta · Divisi tumbuhan paku (Pteridophyta) meliputi: 1. Ciri umum tumbuhan paku 2. Klasifikasi tumbuhan paku 3. Struktur tubuh tumbuhan paku 4. Siklus hidup tumbuhan paku 5. Peranan tumbuhan paku · Divisi bagi manusia tumbuhan berbiji (Spermatophyta) meliputi: 1. Ciri umum tumbuhan berbiji 2. Klosifikasi tumbuh berbiji 3. Struktur tubuh (akar, batang, daun, dan bunga) tumbuhan berbiji 4. Peranan tumbuhan berbiji bagi manusia · Ciri umum dunia hewan · Dasar klasifikasi dunia hewan · Klasifikasi dunia hewan | · Mengamati keanekaragaman spesies hewan dan tumbuhan · Diskusi mendeskripsikan pengertian keanekaragaman hayati · Diskusi mendeskripsikan keanekaragaman pada tingkat gen, spesies, dan ekosistem · Diskusi pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia · Diskusi tipe-tipe bioma yang ada di Indonesia · Diskusi arti penting keanekaragaman hayati bagi manusia · Mengumpulkan informasi tentang tanaman yang berkhasiat obat dan mengoleksi tanamannya · Tugas membuat kliping tentang organisme khas daerah · Pengamatan tumbuhan lumut · Diskusi mendeskripsikan ciri-ciri tumbuhan lumut · Pengamatan tumbuhan paku · Diskusi mendeskripsikan ciri tumbuhan paku · Pengamatan tumbuhan berbiji · Diskusi mendeskripsikan ciri tumbuhan berbiji · Diskusi membedakan tumbuhan Angiospermae · Diskusi membedakan tumbuhan dikotil dan monokotil · Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan · Membandingkan ciri dunia hewan dan dunia tumbuhan · Mendiskripsikan klasifikasi dunia hewan · Membandingkan ciri-ciri filum-filum hewan dan perkembangan struktur tubuhnya · Pengamatan filum Arthropoda dan Molusca | · Mengamati adanya gejala keanekaragaman hayati · Menyimpulkan pengertian keanekaragaman hayati · Menentukan tingkat keanekaragaman berdasarkan hasil pengamatan · Menggambar pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia · Mendeskripsikan pembagian wilayah flora dan fauna Indonesia · Mendeskripsikan berbagai tipe bioma yang ada di Indonesia · Memberikan alasan arti penting keanekaragaman hayati perlu dilstarikan · Membedakan pelestarian in-situ dan e-ksitu · Mendeskripsikan ciri umum Dunia Tumbuhan · Menyusun klasifikasi dunia tumbuhan · Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan lumut · Menggambar struktur tubuh tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan · Menggambar siklus hidup tumbuhan lumut · Mengumpulkan informasi tentang peranan lumut bagi manusia · Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku · Mengklasifikasikan tumbuhan paku · Menggambar struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan · Menggambar siklus hidup tumbuhan paku · Mengumpulkan informasi tentang peranan paku bagi manusia · Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan berbiji · Mengklasifikasikan tumbuhan berbiji · Menggambar struktur bagian tubuh tumbuhan seperti akar, batang, daun, dan bunga · Menentukan nama bagian-bagian tubuh tumbuhan berbiji · Mengumpulkan informasi tentang peranan tumbuhan berbiji bagi manusia · Mendiskripsikan ciri umum dunia hewan · Menjelaskan dasar klasifikasi dunia hewan · Membandingkan ciri-ciri umum filum-filum dalam dunia hewan · Mendeskripsikan ciri Arthropoda berdasarkan pengamatan | · Jenis tagihan: 1. Laporan hasil pengamatan keanekaragaman hayati 2. Uji kompetensi tertulis · Instrumen penilaian: 1. Lembar peni-laian laporan hasil praktikum 2. Soal uji kom-petensi tertulis · Jenis tagihan: 1. Kliping 2. Uji kompe-tensi tertulis · Instrumen penilaian: 1. Lembar penilaian kliping 2. Soal uji kompetensi tertulis · Jenis tagihan: 1. Laporan hasil pengamatan 2. Uji kompetensi · Instrumen penilaian: 1. Lembar penilaian hasil praktikum 2. Soal uji kompetensi tertulis · Jenis tagihan: 1. Laporan hasil pengamatan Arthropoda 2. Uji kompetensi tertulis · Instrumen penilaian 1. Lembar penilaian laporan hasil praktikum 2. Soal uji kompetensi tertulis | 2 ![]() 2 ![]() 9 ![]() 4 ![]() | · Buku kerja Biologi 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis · Buku Biologi X, Dyah aryulina dkk, Esis, BAB VII · Berbagai makhluk hidup yang ada di sekolah · Buku kerja Biologi 1A, Ign. Khristiyono P.S, Esis · Buku Biologi X, Dyah aryulina dkk, Esis, BAB VII · Berbagai informasi tentang berbagai makhluk hidup khas suatu daerah · Buku Biologi X, Dyah Aryulina dkk, Esis, BAB VIII · Buku Kerja Biologi IB, Ign. Kristiyono P.S, Esis · Contoh tumbuhan lumut · Contoh tumbuhan paku · Contoh tumbuhan berbiji · Loupe · Buku kerja Biologi IB, Ign. Kristiyono, P.S, Esis · Buku Biologi X, Dyah Aryulia · Contoh hewan Arthropoda dan Molusca |
SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS/SEMESTER : X (SEPULUH)/II
STANDAR KOMPETENSI : 4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peranan manusia dalam keseimbangan ekosistem
ALOKASI WAKTU : 8
45 menit

Kompetensi dasar | Kompetensi sebagai Hasil Belajar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
4.1 Mendeskripsikan peran komponan ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan ![]() 4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiata manusia dngan masalah kerusakan/ pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan ![]() 4.3 Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah ![]() 4.4 Membuat produk daur ulang limbah | · Mendeskripsikan struktur keilmuan Biologi · Menemukan contoh komponen biotik dan abiotik · Menemukan contoh individu, populasi, dan komunitas pada ekosistem yang ada di lingkungan sekitar · Menemukan ekosistem dan batas-batasnya · Menemukan adanya interaksi dalam ekosistem · Menyimpulkan tipe interaksi berdasarkan gejala yang teramati · Menyususn rantai makanan menjadi jaring-jaring makanan dan piramida ekologi · Menggambarkan siklus materi dan arus energi · Menggambar daur biogeokimia unsur tertentu · Mengidentifikasi tujuan berbagai aktivitas manusia · Mengidentifikasi dampak berbagai aktivitas manusia · Meneliti pengaruh zat pencemar terhadap organisme · Mengidentifikasi dampak berbagai zat pencemar terhadap lingkungan | · Pengertian ekologi sebagai ilmu · Ekosistem dan komponen penyusunnya · Pengelompokan komponen biotik berdasarkan fugsinya · Tingkat organisasi komponen biotik dalam ekosistem · Berbagai interaksi dalam ekosistem · Rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan piramida ekologi · Aliran energi dan siklus materi dalam ekosistem · Daur biogeokimia · Keseimbangan lingkungan · Aktivitas manusia dan dampaknya terhadap lingkungan · Beberapa bahan pencemar dan dampaknya · Upaya pencegahan pencemaran lingkungan · Penanganan limbah dengan cara daur ulang · Berbagai produk daur ulang limbah | · Diskusi ruang lingkup ekologi sebagai ilmu · Mengamati komponen ekosistem dan interaksi yang terjadi di dalamnya · Mengamati interaksi yang terjadi dalam ekosistem · Menggambar dan mendeskripsikan rantai makanan, jaring-jaring makanan , dan piramida ekologi · Mendeskripsikan perjalanan energi, materi, dalam ekosistem, serta daur biogeokimia · Dikusi pengaruh aktivitas manusia terhadap lingkungan · Diskusi tentang pencemaran lingkungan, sebab, dampak, dan upaya pencegahannya · Melakukan eksperimen tentang pencemaran · Diskusi penanganan limbah dengan cara daur ulang · Membuat produk dari bahan limbah | · Mendefenisikan pengertian ekologi sebagai ilmu · Membedakan penggunaan istilah-istilah habitat, nisia, populasi, komunitas, ekosistem, faktor biotik, faktor abiotik · Mengidentifikasi berbagai interaksi yang terjadi dalam ekosistem · Menghubungkan pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan, piramida ekologi, siklus materi dan daur energi · Menggambar bagan daur biogeokimia · Mengidentifikasi berbagai tujuan aktivitas yang dilakukan manusia · Mengidentifikasi berbagai dampak akibat aktivitas manusia · Meneliti pengaruh bahan pencemar terhadap organisme tertentu · Menyimpulkan pengaruh bahan pencemar terhadap kehidupan organisme · Menjelaskan dampak berbagai bahan pencemar terhadap lingkungan · Mendeskripsikan upaya pencegahan pencemaran lingkungan · Mengetahui penanganan limbah dengan cara dau ulang | ![]() 1. Laporan hasil pengamatan komponen ekosistem 2. Uji kompetensi tertulis · Instrumen penilaian 1. Lembar penilaian hasil praktikum 2. Soal uji kompetensi tertulis · Jenis tagihan: 1. Laporan hasil eksperimen 2. Uji kompetensi tertulis · Instrumen Penilaian: 1. Lembar penilaian laporan hasil praktikum 2. Soal uji kompetensi tertulis | 4 ![]() 4 ![]() | · Buku kerja Biologi IB, Ign. Kristiyono. P.S, Esis · Buku Biologi X, Dyaharyuliana · Ekosistem yang ada di sekitar sekolah · Buku kerja Biologi IB, Igm, Kristiyono. P.S, Esis · Buku teks biologi X, Dyah aryulina dkk, Esis, BAB XI · Beberapa aktivitas manusia |
No comments:
Post a Comment